Prospek Nilai Transaksi Mobile Payment di Masa Depan

Monday, May 5th, 2014

MasterCard PowerPoint Title and Divider Slide Template

Mobile payment memungkinkan berbagai transaksi elektronik seperti transfer, pembayaran tagihan, serta pembelian barang digital maupun nondigital seperti musik, video, ringtone, dan lain-lain dilakukan melalui aplikasi di ponsel. Itulah sebabnya metode pembayaran seperti ini merupakan katalis berkembangnya industri mobile konten dan aplikasi lainnya, karena merupakan sarana utama untuk mendapatkan semua itu. Mobile payment merupakan masa depan berbagai transaksi dunia.

GRAFIK bisnis mobile payment dunia pun terus melesat naik per tahunnya. Meskipun sudah mulai diperkenalkan pada awal 2000, bisnis mobile payment baru berkembang pesat secara global tujuh tahun kemudian. Menurut lembaga riset telematika Sharing Vision, saat ini terdapat 43,1 juta pengguna mobile payment yang dilayani 150 pemain di seluruh dunia, dengan nilai total bisnis mencapai 68,7 miliar dolar.

Prediksi beberapa lembaga riset lainnya juga menunjukan grafik positif dari kenaikan total transaksi dan total pengguna mobile payment. Portio Inc memprediksi akan ada total transaksi 86,6 miliar dolar pada 2011. Generator Research memprediksi total Masa Depan Transaksi di Dunia kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika akan naik 2,1 persen, sedangkan di kawasan Amerika Utara naik 1,1 persen pada akhir 2010.

Dalam dunia mobile payment setidaknya ada tiga model layanan yang dikenal, yaitu SMS premium/USSD, Mobile Web Payment (WAP), Contactless NFC (Near Field Communication). Masing-masing mempunyai kelemahan dan kelebihan. SMS premium dan USSD (Unstructured Supplementary Service Data) misalnya. Dalam model ini ponsel dijadikan mobile wallet dengan men-top-up sejumlah uang dan pengguna dapat melakukan pembayaran jumlah kecil (micropayment) di merchant tertentu dengan mengirimkan SMS atau menggunakan fasilitas USSD ke operator kemudian akan dikonfirmasi. Transaksi dengan jenis ini rentan gagal jika sinyal hilang, biaya yang cukup mahal untuk permintaan transaksi, dan cenderung lama dalam menunggu konfirmasi transaksi dari operator.

Sedangkan model Mobile Web Payment (WAP) lebih sering digunakan untuk membeli barang digital di situs e-commerce. Cara pembayaran model ini dibagi tiga, yaitu Direct Mobile Billing (pengguna hanya cukup memasukan PIN dan password sekali pakai untuk membayar dari pulsa), credit card (pengguna harus memasukan nomor kartu kredit), dan online wallet (pengguna mempunyai account tersendiri dan dapat mengelola belanja online mereka dengan top-up terlebih dahulu). Cara direct mobile billing populer di Asia, sedangkan cara online wallet marak di Amerika Utara dengan hadirnya PayPal, Amazon Payment, serta Google Checkout.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: