Menanti Booming-nya Layanan Mobile Payment

Monday, May 5th, 2014

Artikel 2

Tren e-commerce tahun 2014 diyakini akan terus meningkat sesuai karakteristik pengguna yang kian matang dan teredukasi. Berdasarkan indeks Custora High-Growth E-Commerce, di tahun 2013 hampir 40% online shopping terjadi melalui perangkat mobile. Menurut pemain di bisnis mobile payment, tren ini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan maraknya smartphone dan tablet dengan harga yang relatif terjangkau dan koneksi internet yang terus diperbaiki.

Hingga saat ini pengguna ponsel sudah setara dengan jumlah penduduk yang ada. Dari 250 juta pengguna ponsel, sekitar 60 juta adalah pengguna smartphone. Hal ini sangat mendukung pertumbuhan e-commerce dan mobile payment. Dari segi demand, potensi e-commerce dan mobile payment di Indonesia pun dianggap menjanjikan. Dengan populasi 250 juta, median usia 28,5 tahun, tingkat ekonomi menengah yang tumbuh pesat, dan populasi urban 51% dari total penduduk. Adopsi teknologi digital umumnya dapat berlangsung cepat sehingga ini juga bukan menjadi hambatan yang berarti.

Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu kunci sukses bisnis e-commerce dan mobile payment terletak pada kemudahan layanan pembayaran yang diberikan, karena dengan layanan pembayaran yang mudah akan sangat membantu customer untuk bertransaksi sehingga berdampak pada peningkatan penjualan dari sang pemilik usaha. Untuk menggunakannya, langsung masuk ke menu aplikasi iPaymu Mobile Transaction, masukan username, password dan PIN Anda. Klik menu transaksi dan langsung hadapkan/sorotkan ponsel Anda ke barcode yang dipasang oleh merchant, lalu tekan ikon QRCode di ponsel Anda. Dalam sekejap transaksi pun selesai.

Mobile payment QRCode sebetulnya tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Di ponsel BlackBerry ketika kita mau meng-invite pin teman, selain dengan cara manual biasanya menggunakan barcode yang ada di ponsel tersebut. Transaksi model ini diprediksi akan menjadi tren di era digital karena semua kalangan dapat memanfaatkan smartphone dengan berbagai fungsinya, termasuk melakukan pembelian dan melakukan pembayaran tanpa adanya penambahan perangkat lain, cukup mengunduh aplikasinya di Play Store Android.

Kehadiran e-money adalah sebuah tuntutan di era digital dan pertumbuhannya akan terus merangngsek seiring kebutuhan. Hal ini pun ditegaskan peneliti A.T. Kearney dalam laporan Global Retail E-Commerce Index. Ia mengatakan bahwa tahun 2014 akan menjadi pertumbuhan yang sangat besar bagi e-commerce secara global. Angka yang menakjubkan seperti total penjualan di China dalam satu hari mencapai USD 5,7 miliar setara dengan jumlah penjualan saat Cyber Monday di Amerika Serikat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: